Home » Blog » Chat GPT : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Chat GPT : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Penjelasan Chat GPT oleh Widya Analytic

Bagi kamu yang bergelut di dunia blogger atau para pelajar yang sering cari jawaban saat ada tugas di sekolah, mungkin sudah familiar dengan Chat GPT. Chat GPT adalah sebuah program yang telah dikembangkan openAI, sebuah perusahaan teknologi dari Amerika Serikat. Platform ini memang sangat luar biasa, sejak kemunculannya bahkan sudah memikat perhatian dan disebut-sebut mampu mengalahkan popularitas Google Search. 

Program ini sudah diluncurkan sejak bulan November 2022, yang mampu memperkuat posisinya di industri teknologi internet. 

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT adalah sebuah chatbot atau robot kecerdasan buatan yang berbasis teknologi AI atau Artificial Intelligence. Teknologi kecerdasan buatan tersebut bisa melakukan percakapan sekaligus dapat memberikan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan para penggunanya. Bahkan saat berinteraksi di chatbot ini terkesan sangat natural.

Seakan-akan kamu tidak sedang chatting atau berbicara dengan chatbot pada umumnya. Sementara itu, istilah GPT itu sendiri merupakan kependekan dari Generative Pretrained Transformer. Chatbot ini nantinya dapat memberikan jawaban secara akurat, persis seperti jawaban manusia ketika pengguna mengirimkan instruksi atau pertanyaan. Umumnya, jawaban yang mereka berikan dalam bentuk teks secara otomatis.

Misalnya saja, pengguna bisa mengirimkan instruksi membuat sebuah teks copywriting. Teknologi AI ini nantinya akan langsung mengelola pertanyaan sekaligus memberikan jawaban dalam bentuk teks berbasis copywriting sesuai gaya bahasa manusia. Menariknya lagi, platform ini bisa memberikan teks dan struktur bahasa yang tepat sesuai aturan. 

Tidak hanya teks copywriting saja, tetapi teknologi chatbot dari OpenAI ini bisa membuat beberapa hal lainnya, antara lain mendeskripsikan suatu benda atau sesuatu hal, membuat puisi, menulis esai, memaparkan cara kerja, membuat musik, hingga yang lainnya.

Apalagi, teknologi AI ini bisa memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang rumit. Sehingga, kamu dapat mempelajari suatu materi serta langsung bertanya kepada chatbot AI apabila tidak mengerti atau memahami sesuatu hal.

Mengingat Chat GPT mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang kerap dihadapi. Inilah yang membuat para pelajar kerap memanfaatkan teknologi AI ini untuk membantu mereka menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru, saat diberi PR.

Itulah keunggulan kecerdasan buatan dari OpenAI ini. Mereka dapat memahami dan mengelola percakapan manusia secara alami dan mampu memberikan jawaban atau solusi sama persis dengan yang diberikan oleh manusia. Para pengguna dapat memakai produk OpenAI tersebut lewat chat.

Chatbot AI ini memiliki cara kerja dengan memanfaatkan konten internet dan algoritma yang sudah ada sebelumnya dengan menciptakan hal-hal yang baru seperti video, teks, gambar, kodem dan sebagainya. Pasalnya, platform yang satu ini telah dikembangkan berdasarkan pada GPT -3.5, yakni sebuah mode bahasa yang alami dan menghasilkan teks berukuran lebih panjang hanya melalui hitungan detik saja.

Cara Menggunakan Program Chat GPT

Bagaimana, penasaran memakai chat GPT? Jika ya, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk menggunakan platform ini. Chatbot ini masih termasuk versi beta, sehingga bisa diakses siapapun dengan cara gratis. Ini langkah-langkahnya :

  • Buka web browser di hp atau PC, kemudian kunjungi link https://chat.openai.com.
  • Selanjutnya, sign up dan buat akun. Caranya, pilih menu Create an OpenAI Account.
  • Kamu dapat memilih untuk registrasi via akun Microsoft, Google atau email.
  • Setelah itu, OpenAI selanjutnya akan langsung mengirimkan OTP atau kode verifikasi lewat Whatsapp.
  • Inputkan instruksi yang kamu inginkan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Selanjutnya, AI akan langsung memberikan respon jawaban tidak lebih dari 5 detik. 

Namun, kelebihan dari program ini dianggap bisa menghilangkan banyak profesi di berbagai bidang industri berkat kecerdasannya dalam menghasilkan berbagai teks hanya lewat hitungan detik saja.

Apa Saja Manfaat ChatGPT?

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan openAI ini, antara lain :

1. Dapat Menulis Resume dan Surat Lamaran Sesuai Perusahaan Pilihanmu

Salah satu rangkaian proses lamaran kerja yang cukup melelahkan yaitu menulis resume dan surat lamaran. Tapi, dengan kamu memakai openAI ini bisa membantumu membuat resume dan lamaran kerja dengan mudah. 

2. Berkontribusi Terhadap Sistem Pengkodean Programmer

OpenAI bagi programmer dapat berkontribusi untuk menyelesaikan kode. Caranya, masukkan kode yang ingin di debug, lalu tunggu hasilnya. Di samping itu, chatbot ini juga dapat menuliskan code agar dapat digunakan secara langsung.

3. Membuatkan Lagu

Jika kamu ingin berkarya dalam bidang musik atau seni? Maka, kamu kini bisa mengandalkan openAI untuk menuliskan lagu. Di sini, kamu bisa meminta chatbot untuk dapat menuliskan lagu sesuai tema favorit kamu.

4. Memberikan Saran Terkait Kehidupan

Jika kamu memerlukan saran tentang kehidupan percintaan maupun yang lainnya, namun tidak mempunyai teman, maka kamu dapat memakai teknologi OpenAI ini agar mereka dapat memberikan saran serta mendengarkan tentang keluh kesahmu.

Tapi, saran yang chatbot berikan tentu saja tidak bisa langsung kamu terapkan, sebab kamu harus menyaringnya terlebih dahulu.

5. Membantu Mengerjakan Soal Matematika

Manfaat lainnya dari Chat GPT adalah dapat membantu mengerjakan soal matematika. Salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh banyak orang adalah matematika. Tapi, jika kamu kesulitan mengerjakan PR matematika, maka kamu dapat mempelajarinya secara langsung dari teknologi openAI ini.

6. Menulis Esai

Apabila kamu ingin menulis esai tapi harus mempelajari banyak referensi, jangan khawatir, kamu dapat meminta AI agar membuatkannya langsung untukmu. Sesudah memperoleh semua contoh tersebut, maka kamu tinggal menulis esai sesuai background pendidikan kamu. 

Kelebihan Chat GPT

Berikut ini ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh GPT, antara lain:

1. Gaya Bahasa Lebih Luwes

Berbeda dengan balasan chatbot pada umumnya, saat kamu berbicara dengan AI maka gaya bahasa yang mereka berikan lebih luwes alias human friendly. Dengan kata lain, mereka menyesuaikan gaya bahasa yang digunakan oleh manusia.

2. Peka Terhadap Penyesuaian Kueri

Kelebihan lainnya dari Chat GPT adalah peka terhadap penyesuaian kueri. OpenAI juga lebih peka terhadap perubahan kueri, khususnya ketika kamu tidak menerima jawaban atas pertanyaan tertentu. Dalam kondisi tersebut, kamu dapat menginputkan pertanyaan yang berbeda yang artinya sama supaya AI bisa lebih memahami apa yang kamu tanyakan.

3. Kecepatan Menjawab

Teknologi AI dikenal karena sifatnya sangat cepat memberikan respons. Pengguna tentu saja akan memperoleh jawaban secara singkat serta terus ke website AI kembali untuk memperoleh jawaban dari banyak pertanyaan. 

Teknologi AI saat ini memang berkembang begitu pesat, meskipun ada sebagian yang menganggap kehadirannya dapat menggerus profesi tertentu. Namun pada kenyataannya, hal terpenting yang dibawa oleh chat GPT adalah dapat membantu menambah referensi ketika mencari suatu materi.

Selain open AI, teknologi lain yang memanfaatkan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) adalah Widya Analytic dengan salah satu produk unggulannya Toba.ai untuk membantu anda memaksimalkan pemasaran di Instagram dengan memeriksa pengguna Instagram.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments