Home » Blog » Implementasi Artificial Intelligence dalam Meniru Manusia

Implementasi Artificial Intelligence dalam Meniru Manusia

Pengertian Artificial Intelligence

Kata “Intelligence” sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “intelligo” yang berarti “saya paham”. Atau bisa diartikan intelligence ialah kemampuan untuk memahami dan melakukan aksi. Menurut John McCarthy sebagai Bapak Artificial Intelligence Sedunia, Artificial Intelligence adalah ilmu yang bertujuan untuk mengembangkan mesin yang berperilaku seolah-olah mereka cerdas. Ini adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, khususnya program komputer cerdas. Bisa dikatakan bahwa AI adalah teknik dan ilmu untuk membuat mesin menjadi cerdas, terutama dalam program komputer.

Dalam kamus Oxford, Artificial Intelligence (AI) adalah teori dan pengembangan sistem komputer yang mampu melakukan sejumlah tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti persepsi visual, pengenalan suara, pengambilan keputusan, dan penerjemah antar bahasa.

4 Teknik Dasar dalam Artificial Intelligence

Searching

Dengan teknik searching, komputer bisa menemukan langkah-langkah sistematis untuk mencapai solusi atau tujuan yang ingin kita dapatkan. Contoh penerapannya ada pada Google Maps yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memasukkan tujuan lokasi yang ingin kita tuju, teknik searching akan membantu menemukan alternatif jalan terbaik untuk kita lalui.

Reasoning

Teknik penalaran yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari data atau fakta-fakta yang terjadi. Contoh penerapan teknik reasoning misal pada aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Jagung. Melalui aplikasi ini, kita bisa memeriksa kesehatan tanaman jagung yang ada. Caranya dengan meng-input gejala-gejala yang kita lihat pada tanaman jagung. Kemudian, sistem akan menyimpulkan kira-kira sakit apa yang sedang terjadi pada tanaman jagung tersebut. Selain itu, aplikasi juga akan memberikan rekomendasi tentang bagaimana cara menyembuhkan penyakit tersebut.

Planning

Teknik untuk mendekomposisi masalah kompleks ke dalam sejumlah operasi sederhana. Contoh penerapan planning dalam kehidupan sehari-hari ada pada penggunaan lift. Lift yang mempunyai banyak tingkatan lantai harus merencanakan ke lantai berapa dulu akan berhenti.

Learning

Teknik untuk mengajarkan pola data kepada komputer untuk memperoleh pengetahuan. Contohnya, ketika pertama kali kita menggunakan fitur face unlock, smartphone akan meminta kita memindai wajah untuk mempelajari pola wajah kita. Setelah pertama kali smartphone memindai wajah kita, selanjutnya kita bisa memakai fitur face unlock hanya dengan cara mengarahkan smartphone ke wajah kita. Hal yang sama juga berlaku pada fitur fingerprint scanner.

Teknologi ArtificiaI Intelligence VS Manusia

Teknologi AI

Keunggulan teknologi AI jika dibandingkan dengan manusia, teknologi AI dapat melakukan pekerjaan tanpa rasa lelah, berfokus pada efisiensi waktu dan hasilnya pun bervariatif. Kelemahannya tidak ada kreativitas disini dan diawasi oleh manusia serta hanya menjalankan tugas sesuai perintah pembuat program.

Manusia

Sementara manusia memiliki kemampuan kognitif yang mana hasil yang diperoleh pun akan bervariasi sesuai dengan kreativitas. Namun, manusia memiliki kelemahan yaitu dapat merasa lelah dan terdapat peluang human error-nya (perlu adanya SOP yang panjang untuk menjalankan tugas tersebut).

Artificial Intelligence dalam Meniru Manusia

Computer Vision

Ini terkait dengan bagaimana komputer meniru mata manusia dan memberikan pengertian sehingga komputer bisa mempelajari gambar serta mengartikan objek yang ada di sekitarnya layaknya manusia. AI dalam meniru manusia akan menilai dengan object detection untuk menentukan apakah itu objek atau bukan. Setelah terdeteksi, AI akan mengklasifikasi apakah termasuk salah satu kelas yang ditentukan atau tidak. Jadi, object detection yang ada punya 2 model, yaitu untuk menentukan sesuatu itu benda dan menentukan kelas gambar yang ada.

Speech Recognition + Speech Synthesis

Teknologi di mana AI meniru manusia dalam ranah audio. Komputer bisa mengubah audio menjadi teks dan teks menjadi audio sehingga menjadi sebuah kesatuan, misalnya pada smart speaker. Contoh penggunaannya ada di chatbox, speech to text, dan text to speech Widya Wicara. Ini memudahkan jika ada konten kreator yang ingin mengubah teks menjadi suara yang natural untuk berita dan konten lainnya.

Decision Making

Artificial Intelligence bertindak sebagai pemecah masalah atau pemberi keputusan. Bahkan, AI memiliki kemampuan untuk memproses dan menganalisa kumpulan data jauh lebih cepat daripada otak manusia. Sehingga, AI dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan berbasis data. Fungsi ini yang membuat AI menjadi teknologi yang sangat bernilai dalam berbagai industri bisnis.

Speech Translation

Ini berhubungan dengan bagaimana Artificial Intelligence bisa meniru manusia dalam menerjemahkan bahasa. Contohnya pada Google Translate. Alasan kenapa Google Translate makin baik dari hari ke hari karena ada AI di dalamnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments