Home » Blog » Kontribusi Widya Analytic dalam Mendukung Implementasi Smart City di Indonesia

Kontribusi Widya Analytic dalam Mendukung Implementasi Smart City di Indonesia

Kontribusi Widya Analytic dalam Seminar Nasional Smart City

Smart City didefinisikan sebagai kota yang mampu menggunakan SDM, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.

Bermula dari konsep dan manfaat Smart City tersebut, Widya Analytic turut berkontribusi dalam acara Seminar Nasional Smart City Outlook 2022 yang diadakan oleh FMIPA UGM pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari akademisi, perwakilan dari pemerintah daerah, perwakilan dari kementerian, hingga masyarakat umum.

” Smart City merupakan bagian dari pengabdian fakultas untuk masyarakat. Ketika sebuah daerah ingin menerapkan Smart City, daerah tersebut harus mengetahui terlebih dahulu tentang keunggulannya,” ungkap Dekan FMIPA UGM Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si saat menyampaikan kata sambutannya.

Dalam konsep Smart City, efisiensi dan efektivitas adalah kata kunci utama.

Efisiensi berhubungan dengan infrastruktur, sedangkan efektivitas berhubungan dengan tujuan atau mempermudah proses yang ada.

Oleh karena itu, pemerintah sudah mulai memberikan pendampingan ke beberapa daerah terkait konsep maupun implementasi Smart City.

Hal ini bertujuan untuk merencanakan pengembangan Smart City di daerah masing-masing dengan memperhitungkan potensi dan tantangan pada setiap daerah.

Pada acara yang diadakan di hotel Alana tersebut, dijelaskan bahwa tantangan dan kendala atau hal menarik terjadi saat menjadi pendamping Smart City di beberapa daerah di luar kota Jawa.

Ditemukan bahwa masih cukup banyak daerah yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang konsep Smart City.

Untuk itulah perlu diterapkannya segitiga KPM yakni Komitmen terhadap perencanaan dan implementasinya, Pendampingan yang berkelanjutan, dan Mutu yang terjamin agar keberhasilan Smart City yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai.

Selain Lesson Learned dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Faris Yusuf Baktiar selaku CEO Widya Analytic juga memaparkan materi terkait Smart City untuk ekosistem kota digital.

Widya Analytic menyediakan layanan big data dan analytic serta apps dan digital knowledge untuk memberikan dukungan terhadap implementasi kota digital tersebut.

Penjelasan Faris mengenai kota digital mengundang antusias yang cukup baik dari peserta.

Hal ini terlihat dari pertanyaan yang diajukan oleh Syifa, mahasiswa FEB UGM, terkait bagaimana Smart City dapat menjadi solusi untuk meningkatkan resiliensi pada masa pandemi.

Smart City membantu UMKM dan governance memutar uang dengan teknologi sehingga kita kuat di kala resesi,” jelas Faris menanggapi pertanyaan tersebut.

Acara seminar nasional yang diisi oleh beberapa pembicara expert di bidangnya tersebut berlangsung lancar dan berhasil meningkatkan minat masyarakat terkait konsep Smart City.

“Di luar ekspektasi, lebih meriah dari perkiraan. Banyak hal baru yang didapatkan. Setelah mengikuti acara ini, saya rasa jika Smart City bisa dikembangkan terutama dari 6 dimensi yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment akan sangat bisa memudahkan kehidupan masyarakat,” ungkap Hanif Abdurrahman Muhammad, peserta yang berasal dari SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Hal senada juga dirasakan oleh Yusuf Zain Santosa.

“Dengan adanya acara seminar Smart City, kita sebagai peserta bisa mendapatkan gambaran yang lebih mengenai apa itu Smart City.  Tidak seperti sebelumnya yang hanya mengawang saja karena belum memiliki gambaran yang jelas,”ungkapnya.

“Selain itu, kita jadi mengetahui kendala dan persiapan apa yang dibutuhkan jika ingin turut berkontribusi dalam mengimplementasikan Smart City ini,” jelas mahasiswa pascasarjana UGM yang juga menjadi peserta seminar nasional pada hari itu.

.Sumber: tribunnews.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments