Home » Blog » Widya Analytic Dukung Gerakan Smart City di Indonesia

Widya Analytic Dukung Gerakan Smart City di Indonesia

Smart City

Menurut Menkominfo Johnny, inisiatif dari Smart city di Indonesia merupakan bagian dari agenda besar transformasi digital nasional. Indonesia telah menginisiasi gerakan Smart city sejak tahun 2017. Pada tahun 2020, Pemerintah Indonesia telah menyusun Rencana Induk (Master Plan) Smart city untuk 100 kota di Indonesia dan kabupaten di seluruh Indonesia.

 

Apa itu Smart city?

Kota cerdas atau biasa disebut dengan smart city didefinisikan sebagai kota yang mampu menggunakan SDM, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat (Caragliu, A., dkk dalam Schaffers,2010:3).

Karakteristik Smart City

Menurut Hao, Lei dan Yan (2012), terdapat beberapa karakteristik yang menjadi ciri-ciri smart city, yaitu:

1. Interkoneksi antara bagian perkotaan

Smart city menggabungkan antara communication network, internet, sensor dan recognition untuk membantu komunikasi antar orang, dengan demikian interkoneksi antara bagian perkotaan akan terwujud.

2. Integrasi sistem informasi perkotaan

Hal yang berkaitan dengan internet dan cloud computing akan digunakan dalam setiap bidang bisnis dan mengintegrasikan sistem aplikasi, data dan internet menjadi unsur-unsur inti yang mendukung operasi perkotaan dan manajemen.

3. Manajemen perkotaan dan kerjasama layanan

Interkoneksi komponen perkotaan dan dukungan sistem aplikasi manajemen perkotaan serta layanan dengan koordinasi sistem kritikan perkotaan dan peserta untuk membuat menjalankan perkotaan terbaik.

4. Aplikasi ICT (Information and Communication Technology) Terbaru

Smart city teori manajemen kota modern sebagai panduan yang menekankan penerapan teknologi informasi canggih ke manajemen perkotaan dan pelayanan, sehingga memotivasi pemerintah, perusahaan dan orang-orang untuk membuat inovasi, gerakan pembangunan perkotaan.

6 Pilar Pengembangan Program Smart city dan Implentasi Widya Analytic

1. Smart Environment

Mempersiapkan lingkungan maupun perumahan yang bersih, bebas sampah. Terlebih lagi jika terdapat industri yang hasil produksinya bisa mencemari lingkungan sekitar. Widya Analytic memiliki aplikasi bernama waGamaBox yakni aplikasi berbasis teknologi dengan platform data gudang untuk persoalan energi dan gas. Dan tentunya hal ini selaras dengan pemeliharaan lingkungan terkait bagaimana sampah produksi bisa dibuang ke area yang jauh dari pemukiman warga serta proses pengolahannya yang tidak mencemari lingkungan.

2. Smart Economy

Mempersiapkan sumber daya manusia dengan membekalinya pengetahuan ekonomi yang baik serta menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin untuk mendukung manusia mendapatkan kestabilan dalam hal perekonomian. Nah, Widya Analytic punya aplikasi yang bisa mendukung smart economy. Aplikasi ini bernama waCommerce yang merupakan sebuah platform bisnis yang tentunya memudahkan para pebisnis dalam mengelola bisnis yang sedang dibangun atau sedang berjalan. Platform marketplace dan konsultasi secara online ini dapat mendukung proses akselerasi bisnis konvensional menuju digital sesuai dengan proses bisnis masing-masing.

3. Smart Branding

Kerjasama antara masyarakat sipil dan pemerintah untuk menyukseskan kota pintar ini dengan gencar melakukan promosi serta keunggulan jika kota pintar ini bisa direalisasikan secara nyata. Salah satunya bisa dilakukan dengan membantu pemerintah daerah pada kawasan wisata prioritas dalam meningkatkan kunjungan wisata.

4. Smart Government

Kota pintar tidak bisa tercipta jika pemerintahannya juga tidak pintar atau tidak bisa berjalan dengan baik serta berkontribusi secara penuh untuk menjamin kelayakan hidup penduduknya. Mengatasi hal tersebut, pemerintah bisa mulai menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara berkualitas dalam upaya pelayanan publik yang baik pada daerah pada kawasan wisata prioritas. Untuk itu, Widya Analytic menyediakan jasa pembuatan dan pendampingan penerapan masterplan untuk dapat mewujudkan solusi yang sudah tercantum dalam peraturan digital pemerintah.

5. Smart Society

Masyarakat yang akan menempati kota pintar juga harus memiliki wawasan yang cukup luas sehingga nantinya smart city bisa dikelola dengan baik tanpa merusak sarana serta prasarana yang sudah disediakan. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan masyarakat tujuan wisata prioritas dan kawasan sekitarnya memiliki kapasitas unggul dan mampu menjadi tuan rumah yang baik. Melalui pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) yang disediakan oleh Widya Analytic, masyarakat akan menjadi pribadi yang mempunyai kemampuan digital berupa IT dan Teknis maupun kemampuan soft skill agar dapat memanfaatkan teknologi digital yang bermuara pada budaya digital.

6. Smart Living

Mempersiapkan kota yang didukung dengan transportasi, kelayakan mendapat bahan pangan yang baik, serta tempat tinggal yang banyak. Widya Analytic juga memiliki aplikasi bernama waTracker yakni sebuah aplikasi yang ditujukan bagi pengusaha jasa transportasi untuk mengelola aset kendaraan yang dioperasikan. waTracker akan membantu pengelolaan aset kendaraan perusahaan, meminimalisir terjadinya risiko, meningkatkan efisiensi penggunaan armada, serta memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan.

Persamaan Persepsi Evaluasi 100 Kabupaten/Kota

Merujuk pada Gerakan Menuju Smart city tahun 2017-2019, ada dua elemen yang menjadi Evaluasi Baseline Pelaksanaan Smart city, yakni:

Perencanaan

Beberapa hal yang menjadi indikator dalam elemen perencanaan, antara lain:

  1. Master plan smart city yang sudah memiliki payung hukum
  2. Aktivitas dewan smart city
  3. Aktivitas lembaga pengelola smart city

Realisasi

Dua hal yang menjadi indikator dalam elemen perencanaan, antara lain:

  1. Realisasi program smart city tahun sebelumnya
  2. Realisasi rencana aksi smart city tahun sebelumnya

Menurut Dr. Wing Wahyu Winarno selaku asistensi SPBE Kementerian PANRB, dokumen terkait smart city harus disampaikan secara terstruktur dan sistematik. Selain itu, sebaiknya terdapat penyimpanan data atau server sendiri dengan kode yang sesuai dokumen agar memudahkan dalam mencari data-data yang ada.

Nah, itu tadi pembahasan seputar smart city. Tidak perlu khawatir karena Widya Analytic hadir untuk membantu lembaga pemerintahan serta kemasyarakatan agar memiliki kehidupan yang lebih terstruktur dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Yuk, mari gunakan Widya Analytic untuk mewujudkan kota yang cerdas dan berteknologi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments